Telemedicine Sebagai Media Konsultasi Dan Komunikasi Kesehatan Jarak Jauh Pada Kader Kesehatan Posyandu Kelurahan Sumampir
DOI:
https://doi.org/10.33560/ijhims.v3i1.59Keywords:
Telemedicine, COVID-19, Kader Kesehatan, PosyanduAbstract
Upaya penanggulangan COVID-19 harus terus dilakukan secara masif dengan beberapa strategi mengingat pandemi COVID-19 yang berkepanjangan telah memberikan dampak besar bagi perekonomian dan kehidupan sosial. Tingkat kerentanan tenaga kesehatan dan masyarakat yang meningkat diperlukan intervensi tidak hanya dari sisi penerapan protokol kesehatan namun juga diperlukan intervensi lain yang efektif untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit melalui upaya Telemedicineasi dosis ketiga dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi kesehatan yaitu telemedicine. Implementasi telemedicine menjadi salah satu terobosan teknologi informasi dan komunikasi di bidang kesehatan dan medis untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Luaran yang diharapkan untuk tercapai adalah kader kesehatan mampu mengetahui dan menggali potensi diri dalam berkomunikasi interpersonal yang berguna saat menjadi fasilitator/mediator dalam memberikan edukasi tentang informasi dan manfaat telemedicine/telehealth di era Pandemi COVID ini kepada masyarakat menggunakan media audio visual berstandart nasional. Pengetahuan dan keterampilan kader kesehatan terkait telemedicine/telehealth dan pelayanan kesehatan khususnya telekonsultasi medis mengalami peningkatan sebesar 55,49 setelah pelatihan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Health Information Management Services

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






