SOSIALISASI PENYEDIAAN REKAM MEDIS RAWAT JALAN SESUAI STANDAR PELAYANAN MINIMAL DI RUMAH SAKIT X
DOI:
https://doi.org/10.33560/ijhims.v4i2.107Keywords:
Standar Pelayanan Minimal Rawat Jalan, Kesesuaian berkas, Rekam MedisAbstract
Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Penyediaan rekam medis mengacu pada penyediaan rekam medis mulai dari saat pendaftaran pasien sampai saat rekam medis diberikan atau ditemukan. Waktu standar klinik rawat jalan untuk menyediakan rekam medis adalah ≤ 10 menit. Di Rumah Sakit X masih banyak di dijumpainya keterlambatan dalam penyediaan berkas rekam medis. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengetahui tinjauan waktu penyediaan rekam medis rawat jalan sesuai standar pelayanan minimal di Rumah Sakit X. Metode yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan mengunakan angket untuk menilai dalam kecepatan penyediaan rekam medis, dengan analisis data sesaca univariat. Hasil dalam pelaksanaan sosialisasi sistem penyedian berkas rekam medis sesuai standar pelayanan minimal rumah sakit masih dalam kategori masih ada keterlambatan dan masih belum sesuai dengan standar pelayanan minimal. Berdasarkan pembahasan dan sosialiasi terhadap penyediaan berkas rekam medis perlunya upaya setiap pengambil kebijakan untuk bisa memberikan arahan dan pelatihan bagai mana cara dalam penediaany berkas rekam medis yang berlaku di rumah sakit. Maka dari itu disarankan perlu adanya evaluasi, sosialisasi, pelatihan lebih lanjut terhadap permasalah yang dapat mempengaruhi keterlambatan penyediaan rekam medis rawat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Health Information Management Services
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.